Sejarah Singkat

Alhamdulillah, shalawat dan salam semoga tercurah pada Baginda Nabil shalallahu ‘alaihi wasallam, keluarga, sahabat dan pengikutnya yang setia hingga akhir zaman. Amma Ba’du. 

Wahdah Islamiyah merupakan sebuah Organisasi Massa (Ormas) Ahlussunnah Wal Jama’ah yang berpusat di Makassar. Awalnya pada 18 Juni 1988, Wahdah Islamiyah merupakan sebuah Yayasan Fathul Muin (YFM) yang diambil dari nama pendirinya. Kemudian berubah menjadi Yayasan Wahdah Islamiyah untuk menghindari kultus individu pada 19 Februari 1998. Dalam rangka menaungi individu pada 19 Februari 1998. Dalam rangka menaungi lembaga-lembaga pendidikan secara khusus, maka YWI menambah sebuah kata dalam identitasnya menjadi Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah (YPWI) beerdasarkan Akte Notaris Sulprian, SH No. 055 tanggal 25 Mei 2000. 

Semakin hari da’wah Wahdah Islamiyah semakin pesat dibanyak daerah, maka diputuskan dalam Musyawarah YPWI ke-2, Makassar, tanggal 1 Shafar 1422 (bertepatan dengan 14 April 2002) disepakati mendirikan organisasi massa (ormas) dengan nama yang sama, yaitu Wahdah Islamiyah (WI). Sejak itu pula YPWI yang merupakan cikal bakal Ormas Wahdah Islamiyah disederhanakan fungsinya sebagai lembaga yang mengelolah pendidikan formal. 

Dalam rentang usianya yang cukup muda, kini WI telah mempunyai 35 cabang dan 43 daerah binaan termasuk di Kolaka. Bidang garapan yang dikelolapun cukup beragam, diantaranya da’wah, kaderisasi, pendidikan, social, kewanitaan, informasi, kesehatan, Lazis dan lingkungan hidup. Selain bidang program yang kompleks, Wahdah Islamiyah juga selalu mengadakan program-program lintas wilayah dan bahkan Negara. 

Diantara program-program itu adalah pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Tsunami Aceh, Gempa Yogyakarta dan Pangandaran serta yang terbaru adalah menangani bantuan untuk musibah gempa Jabar dan Sumbar. Dalam hal ini Wahdah Islamiyah pernah mendapat penghargaan dari DR. Ahmed Bahar (Pejabat Sementara Ketua Parlemen Palestina) pada Jum’at, 13 Maret 2009 bertempat di Asean Room Hotel Sultan Jakarta dikarenakan jasa-jasanya dalam memberikan bantuan ke Palestina. 

Wahdah Islamiyah juga banyak menjalin kerjsama dan silaturahmi dengan berbagai tokoh dan lembaga, baik tingkat local maupun nasional bahkan internasional. Tokoh lokal dimakassar diantaranya yang kerap bekerjasama berasal dari berbagai instansi pemerintah, kepolisian, kalangan akademisi dan sebagainya. Hamper setiap bulan Wahdah Islamiyah selalu kedatangan tamu khususnya dari timur tengah. 

Dalam rangka mengembangkan wilayah da’wahnya serta turut ta’awun (kerjasama) dan tanashuh (saling menasehati) dengan lembaga da’wah lain, kini Wahdah Islamiyah mulai merambah Kolaka. Atas bantuan dan kerjasama dengan berbagai pihak telah banyak program yang sudah dijalankan dan cukup membuat hidup da’wah di Kolaka. 

MANHAJ WAHDAH ISLAMIYAH 

Wahdah Islamiyah adalah sebuah Organisasi Massa (Ormas) islam yang berlandaskan pemahaman dan amaliahnya pada Al Qur’an dan As Sunnah sesuai pemahaman As Salaf Ash-Shalih (Manhaj Ahlussunnah Wal Jamaah). Organisasi ini bergerak di bidang da’wah, pendidikan, sosial, kewanitaan, informasi, kesehatan dan lingkungan hidup. 

Diberdayakan oleh Blogger.